CARA MEMBUAT EMAIL GMAIL

Ditulis oleh: -
               Kali ini saya ingin melanjutkan posting kemarin......

Untuk cara mendaftar dan membuat akun email baru di Google Gmail Indonesia sebenarnya sama saja dengan ketika anda membuat email  di Yahoo ataupun Hotmail. Dan ini tidak ada bedanya dengan dengan membuat email di Google yang berbahasa Inggris. Yang membedakan di sini hanyalah masalah bahasa saja. Layanan milik Google untuk berkirim surat gratis secara daring ini semakin diminati oleh semua pengguna internet di Indonesia. Hal itu dikarenakan ada banyak fitur bagus dan lengkap yang dimiliki oleh Gmail.

Sebenarnya pada artikel yang lalu, saya sudah menuliskan artikel tentang cara membuat email. Dan itu pun menggunakan email dari Google atau Gmail. Tapi karena banyak yang mencari cara membuat Gmail, maka saya akan menulis lagi artikel baru agar lebih lengkap dan jelas serta tentu saja menggunakan yang berbahasa Indonesia. Berikut cara-caranya:


Cara Membuat Email Gmail Baru Bahasa Indonesia

1. Silahkan buka Google.co.id jangan Google.com ya... nanti malah berbahasa Inggris
2. Setelah anda membuka Google.co.id, anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.
daftar gmail

3. Selanjut nya lihat dan ikuti tanda panah pilih Gmail, maka anda akan melihat lagi tampilan seperti ini:
buat akun gmail

4. Lihat tanda panah dan klik Buat Akun
5. Dan selanjutnya tampilan yang anda lihat adalah seperti gambar yang satu ini.
gmail daftar
Silahkan anda mengikuti angka-angka pada gambar yang sudah saya buat:
Nomor 1. Isi nama lengkap anda (nama depan dan nama belakang).
Nomor 2. Username atau nama pengguna yang akan anda gunakan nantinya untuk login misalnya Nico-danger980. Nanti kalau sudah jadi anda akan login menggunakan alamat Nico-danger980@gmail.com.
Nomor 3. Buatlah sandi atau password yang kuat agar tidak mudah diretas(di-hack) oleh orang lain. Kata sandi yang kuat adalah kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka dan spesial karakter contohnya Sandi-Kuat-794. Perhatikan contoh kata sandi yang saya gunakan menggunakan huruf besar (S dan K), huruf kecil, angka(794), dan karakter khusus dengan tanda hubung (-).
Nomor 4. Ulangi sekali lagi dengan dengan mengisikan ulang kata sandi yang sudah anda buat pada langkah nomor 3.
Nomor 5. Isilah dengan tahun kelahiran anda, bulan dan tanggal nya juga.
Nomor 6. Isi dengan jenis kelamin anda, Pria atau Wanita atau lainnya ^_^.
Nomor 7. Diisi dengan nomor telepon seluler anda. Ini penting untuk berjaga-jaga seandainya suatu hari nanti akun Gmail anda dicuri oleh orang lain atau mungkin anda lupa dengan password, maka konfirmasi dan kode verifikasi untuk pemulihan akan dikirimkan ke nomor ponsel anda langsung. Isi juga alamat email anda saat ini (email lama anda).

Apakah langkah anda untuk membuat email gmail sudah selesai sampai di sini? Belum sahabatku, masih ada langkah lagi seperti gambar berikut ini:
membuat gmail
Nomor 1. Boleh dicentang, nanti anda akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel anda. Kalau anda melewatkan langkah nomor 1 ini, maka anda harus melalui langkah nomor 2.
Nomor 2. Kalau anda melewatkan langkah pada nomor 1, maka isilah kode pengaman (captcha) seperti contoh pada gambar.
Nomor 3. Isi dengan negara di mana anda saat ini berdomisili yaitu Indonesia. Lalu kemudian centang checkbox "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google" dan juga checkbox yang di bawahnya.
Nomor 4. Silahkan pilih Langkah Berikutnya.

Sekarang anda akan menemui tampilan seperti ini:
buat email gmail
Silahkan anda ikuti tanda panah merah di atas dan pilih Lanjutkan ke Gmail. Yang sabar ya kawan karena langkah kita belum selesai ^_^. Masih ada langkah selanjutnya yang bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini:
membuat gmail indonesia
Silahkan langsung menuju ke tombol nomor 2 yaitu pilih Langkah Berikutnya. Sampai di sini sebenarnya email gmail baru anda sudah jadi dan siap untuk digunakan.
daftar email gmail

Cara Mengirim Email di Gmail Baru Anda

Untuk cara mengirim email di Gmail Indonesia sangat mudah, anda bisa mengikuti langka-langkahnya sebagai berikut:
cara mengirim email gmail
Silahkan anda klik tombol TULIS, lalu akan muncul jendela kecil di pojok kanan bawah layar monitor komputer anda seperti ini
Cara mengirim email
Silahkan anda isi baris yang nomor 1 dengan alamat email teman anda atau untuk percobaan anda bisa menggunakan alamat email lama anda. Selanjutnya yang nomor 2 isi dengan judul atau subjek email. Dan yang nomor 3 adalah isi dari email itu sendiri sama seperti halnya ketika anda menulis dan mengirim surat. Terakhir jangan lupa klik tombol Kirim supaya sampai kepada alamat yang dituju.

Cara Keluar atau Log Out dari Gmail 

Kalau anda sudah selesai mengirim email, mengimpor kontak serta sudah mempelajari fitur-fitur yang terdapat di Gmail, kini tiba saatnya anda untuk keluar atau sign out. Caranya gampang seperti ini 
membuat email gmail
Silahkan klik gambar foto profil anda yang di pojok kanan atas(perhatikan gambar di atas). Lalu pilih Keluar seperti yang ditampilkan oleh gambar di bawah ini
gmail indonesia


Cara Login atau Masuk ke akun Gmail anda

Keesokan harinya mungkin anda ingin masuk atau log in kembali ke akun Gmail anda, mungkin anda ingin menggunakan email anda untuk mendaftar di jejaring sosial, atau untuk untuk sekedar mengecek inbox. Maka anda harus log in caranya pun sangat mudah yaitu tinggal buka mail.google.com atau gmail.com.
Gmail login
Isi Nama Pengguna dengan username yang anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Dalam contoh ini saya menggunakan username "Nico-danger980@gmail.com" dan isi juga password dengan kata sandi anda.

Keuntungan Memiliki Akun Email di Gmail Indonesia

Dengan memiliki email dari Gmail, maka anda mempunyai keuntungan yaitu dapat menggunakan SEMUA layanan atau produk dari Google. Anda tidak perlu lagi harus mendaftar satu persatu untuk menikmati layanan produk Google, cukup menggunakan alamat Gmail anda dan password nya untuk masuk/login. Ada banyak sekali layanan yang bisa anda nikmati dengan cukup 1 akun Gmail anda. Beberapa diantaranya seperti:
1. Youtube:
Anda pasti sudah tentang situs yang satu ini. Youtube adalah situs layanan berbagi pakai video secara online, anda bisa melakukan browsing dan menonton video favorit anda di situs ini. Dengan memiliki akun Gmail, anda juga bisa menunggah (upload) video anda dan membagikannya supaya bisa ditonton oleh orang lain. Kedepannya tentang Youtube akan saya tulis di artikel terpisah.

2. Google Drive:
Google Drive adalah fasilitas penyimpanan online (cloud) gratis sampai 10 Gigabyte. Anda bisa menyimpan semua file pekerjaan anda secara aman di sini.

3. Google Docs:
Google Docs adalah layanan yang memungkinkan anda melakukan pekerjaan seperti halnya pada Microsoft Office. Anda bisa melakukan hal yang sama seperti anda menggunakan Ms Word, Excel di komputer Windows. Dan file yang anda buat nanti bisa disimpan di Google Drive serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun sepanjang anda mempunyai perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet.

4. Google Plus:
Google Plus adalah layanan jejaring sosial milik Google, anda bisa memasukkan orang yang anda kenal ke dalam lingkaran anda serta saling mengikuti. Kelebihan jejaring sosial yang satu ini adalah anda bisa memilih berbagi kepada orang-orang tertentu yang anda izinkan sesuai dengan lingkaran (circle) yang anda buat. Tidak seperti di facebook ketika anda membuat status, maka semua teman anda akan mengetahui apa yang anda tulis. Tentang Google Plus juga akan saya bahas di artikel mendatang.

5. Blogger atau Blogspot:
Blogger atau Blogspot adalah sebuah CMS (Content Management System) atau layanan untuk menulis secara online yang memungkinkan penggunanya untuk menuangkan ide, pikiran dan pengetahuannya untuk dibagikan dan bisa diakses oleh para pencari informasi. Seperti blog Newsnesia yang sedang anda baca saat ini adalah layanan gratis yang saya gunakan untuk menulis. Kalau anda sudah punya Gmail, anda tidak perlu mendaftar lagi di sini. Cukup Log in menggunakan email yang sudah anda miliki.

Itu tadi beberapa produk Google yang bisa anda nikmati apabila anda sudah mendaftar dan membuat akun di Gmail. Sebenarnya masih banyak, tapi tidak akan saya bahas semuanya karena tujuan anda datang ke artikel ini adalah untuk mencari informasi tentang cara membuat email di Gmail Indonesia.

SELESAI

0 komentar "CARA MEMBUAT EMAIL GMAIL", Baca atau Masukkan Komentar