11 Pemain Terbaik La Liga Spanyol Musim 2012-2013

La Liga atau Liga BBVA adalah sebutan untuk kompetisi sepakbola tertinggi Liga Spanyol. Pada musim 2012-2013, Barcelona berhasil menjadi juara dan merebut gelar liga yang ke-22 sepanjang sejarah klub. El Barca berhasil memutus dominasi rivalnya, Real Madrid yang meraihnya musim lalu. Di musim 2012-2013, Liga Spanyol juga banyak menghasilkan bintang-bintang baru, selain pemain-pemain bintang yang sudah ada.



Nama Lionel Messi tentu masih berada di urutan teratas dalam kategori pemain terbaik. Dan tentunya, bomber Barcelona masih mendapat saingan dari Cristiano Ronaldo. Keduanya  masih menunjukkan permainan yang brillian sepanjang musim 2012-2013. Selain kedua nama itu, juga ada nama-nama lain yang layak dikedepankan.

Berikut 11 Pemain Terbaik La Liga Spanyol Musim 2012-2013 dari setiap posisinya  beserta pemain cadangannya yang disusun dengan formasi 3-5-2 versi versi Zakipedia :


Goalkeeper
1. Thibaut Courtois (Atletico)



Posisi kiper terbaik Liga Spanyol musim ini mungkin sedikit bisa diperdebatkan. Di saat langganan kiper terbaik Iker Casillas hanya bermain separuh musim saja dan kiper juara liga Victor Valdez sering membuat blunder, maka layak jika Thibaut Courtois menempati posisi ini. Kiper Atletico Madrid yang dipinjam dari Chelsea ini menunjukkan grafik yang meningkat dari tiap laga. Ia hanya kemasukan 24 gol dari 34 pertandingan. Tak heran jika kiper asal Belgia ini mendapat banyak pujian berkat performanya.

Cadangan :
Adrian Castillo (Real Betis)
Roberto Jimenez (Sociedad)


Defender 

2. Sergio Ramos (Real Madrid)


Musim ini lini pertahanan Real Madrid mengalami goncangan besar yang mengharuskan pelatih Jose Mourinho melakukan transisi. Mulai dari cederanya Marcelo, tidak konsistennya Alvaro Arbeloa, hingga digesernya Pepe oleh Raphael Varane. Namun satu nama yang tetap konsisten mengisi slot lini belakang Madrid adalah Sergio Ramos. Posisi Ramos di backline Madrid nyaris tak tergantikan, baik sebagai bek kanan maupun bek tengah.

3. Martin Demichelis (Malaga)


Eks punggawa Bayern ini kini menjadi andalan di lini belakang Malaga. Musim 2012-2013 juga menjadi salah satu penampilan terbaik Martin Demichelis. Ia berhasil membawa Malaga hingga babak perempat final Liga Champions sebelum dikalahkan Dortmund. Bek asal Argentina tampil apik di lini pertahanan Malaga dan mejadikan Malaga sebagai salah satu pemiliki pertahanan terbaik di Spanyol.

4. Jordi Alba (Barcelona)



Didatangkan dari Valencia di awal musim, Jordi Alba langsung beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona. Banyaknya kehadiran pemain Spanyol di timnas membuat Alba cepat beradaptasi. Kemampuan menyerang dan bertahan dari Jordi Alba sangat baik. Hal ini yang membuat posisinya sebagai bek kiri El Barca tak tergantikan oleh pemain lain.

Cadangan :
Ricardo Costa (Valencia)
Gerard Pique (Barcelona)
Federico Fazio (Sevilla)
Raphael Varane (Real Madrid)
Dani Alves (Barcelona)
Filipe Luis (Atletico)


Midfielder

5. Andres Iniesta (Barcelona)



Tak lengkap membuat susunan pemain terbaik tanpa memasukkan nama Andres Iniesta di lini tengah. Penampilan gelandang jebolan akademi La Masia ini masih gemilang seperti biasa. Duetnya bersama Xavi Hernandez di lini tengah Barcelona masih disebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia, meski nama terakhir tidak masuk daftar ini karena penampilannya yang agak menurun. Iniesta juga turut serta membawa Barcelona juara Liga Spanyol musim dengan mengemas 5 gol dan 18 assist di semua ajang.

6. Isco (Malaga)



Terpilih sebagai pemain U-21 terbaik dunia pada 2012 lalu menjadi bukti kapasitas Isco. Playmaker andalan Malaga ini memang mampu tampil gemilang sepanjang musim 2012-2013. Ia  mampu membawa Malaga melaju hingga babak perempat final Liga Champions dan menjadi salah satu pemain debutan terbaik di kompetisi tersebut. Tak aneh jika nama Isco kini mulai dihubung-hubungkan dengan klub-klub besar Eropa lainnya.

7. Mesut Ozil (Real Madrid)



Musim 2012-2013, penampilan Mesut Ozil masih berada dalam puncak performa. Bahkan, Ozil mampu mencetak rekor gol terbanyak dalam satu musim karirnya di Real Madrid. Ozil mampu mencetak 10 gol dan 21 assist di semua ajang musim ini. Playmaker Jerman ini selalu menjadi poros dalam tiap penyerangan Real Madrid. 21 assist yang ia koleksi pun menjadikannya top assist di Liga Spanyol.

8. Cristiano Ronaldo (Real Madrid)



Musim ini menjadi musim yang kesekian kalinya megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo bisa mencetak total lebih dari 50 gol di semua ajang. Total Cristiano Ronaldo telah mencetak 54 gol di semua ajang di mana 35 gol di antaranya dicetak di Liga Spanyol. Ronaldo juga masih menjadi tumpuan Real Madrid berkat gol-gol pentingnya. Dan tentu kemampuan pemain asal Portugal ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Cadangan :
Xabi Alonso (Real Madrid)
Sergio Busquets (Barcelona)
Xavi Hernandez (Barcelona)
Angel Di Maria (Real Madrid)
Xabi Prieto (Real Sociedad)
Patrick Ebert (Valladolid)
Anthony Griezmann (Sociedad)
Iago Aspas (Celta Vigo)


Forward

9. Lionel Messi (Barcelona)


Gelar pemain terbaik dunia selama empat musim terakhir cukup untuk mendeskripsikan kemampuan Lionel Messi. Dan di musim ini, Messi masih menunjukkan kualitas bermainnya. Bahkan hal ini sempat membuat Barcelona memiliki ketergantungan padanya. Musim 2012-2013 ini sendiri kembali memajang nama Lionel Messi sebagai top skor Liga Spanyol dengan 47 gol, meski Messi sempat dilanda cedera selama 3 minggu pada akhir Maret. Total ia sudah mengoleksi 60 gol di semua ajang. Ia juga membawa Barcelona merebut kembali gelar juara La Liga yang sempat direbut rivalnya, Real Madrid pada musim lalu.

10. Radamel Falcao (Atletico)
  

Pencapaian gol Radamel Falcao di La Liga mencapai puncaknya musim ini dengan koleksi 27 gol. Meski masih di bawah Messi dan Ronaldo, namun tentu hal ini merupakan sebuah progress besar dari El Tigre. Ia juga membawa Atletico Madrid duduk di posisi tiga klasemen Liga Spanyol, setelah sempat selama beberapa pekan berada di posisi runner up, serta melaju hingga ke final Coppa del Rey. Tak heran jika Falcao sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2012 lalu versi World Soccer.

11. Carlos Vela (Sociedad)



Keberhasilan Real Sociedad dalam mengamankan tiket Eropa musim ini tak lepas dari sosok Carlos Vela. Pemain asal Meksiko yang dipinjam dari Arsenal ini sangat berkontribusi besar bagi Real Sociedad musim ini dengan torehan total 14 gol dan 12 assistnya. Ia juga selalu menjadi andalan di lini depan Sociedad. Vela lebih sering diposisikan sebagai winger dan banyak membantu dalam serangan Sociedad. Tak heran jika Vela menjadi salah satu penyerang terbaik di Liga Spanyol musim 2012-2013 ini.

Cadangan :
Roberto Soldado (Valencia)
Alvaro Negredo (Sevilla)
Ruben Castro (Real Betis)
Piti (Rayo Vallecano)
Aritz Aduriz (Athletic Bilbao)
Imanol Agirretxe (Sociedad)




Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3, maka akan terlihat seperti ini :


Courtois

Ramos - Demichelis - Jordi Alba

Isco - Iniesta - Ozil - Ronaldo

Messi - Falcao - Vela


Itulah 11 Pemain Terbaik La Liga Spanyol Musim 2012-2013 yang terpilih dalam daftar ini karena mampu untuk menampilkan permainan cemerlang sepanjang musim dan mampu membantu performa tim berkat gol-gol dan assist atau lewat kontribusi lainnya.

Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar ...



(zakipedia)

0 komentar "11 Pemain Terbaik La Liga Spanyol Musim 2012-2013", Baca atau Masukkan Komentar